Doa peringatan hut RI 2013

logo_hutri68Secara lahiriyan, kemerdekaan Indonesia diproklamirkan oleh The Founding Father. Mereka berjuang dengan semangat nasionalisme yang kuat. Apapun mereka korbankan demi kemerdekaan Indonesia, bahkan nyawa sekalipun mereka korbankan demi Indonesia.

Namun demikian, bukan hanya karena iman, tetapi melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang berperang dengan peralatan seadanya. Suatu hal yang sulit dipercaya. Namun demikian, tanpa diduga Jepang yang saat itu menjajah Indonesia runtuh akibat kehancuran Hiroshima dan Nagasaki, sehingga moment tersebut dimanfaatkan untuk memproklamasikan Indonesia. Jelas ini merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa, Allah SWT yang telah membuat skenario kemerdekaan Indonesia tercinta.

Para pendiri bangsa saat itu pun mengakui bahwa kemerdekaan Indonesia secara hakikat adalah karena berkat rahmat Allah. Hal ini bahkan diundangkan dalam preambul UUD 1945 alinia kedua “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa, dan dengan didorong oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.”

Oleh karena itu, selayaknya kemerdekaan ini kita syukuri sebesar pemahaman kita terhadap nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Rasa syukur yang utama tentunya adalah dengan sebanyak-banyaknya kita berdzikir kepada Allah SWT dan senantiasa meningkatkan ketakwaan kepada-Nya.

Terlebih lagi, saat ini kita baru saja selesai melaksanakan ibadah shaum. Dalam rangkaian ayat shaum, salah satunya diakhiri dengan kalimat “walitukmilul ‘iddata walitukabbirullaha ‘ala ma hadakum wa la’allakum tasykurun”, hendaklah kamu menyempurnakan bilangan puasamu (sehingga full sebulan penuh), kemudian berjalanlah dari takbir (selalu mengagungkan Allah pada setiap saat) menuju tasyakur (berterima kasih atas segala nikmat-Nya dengan senantiasa berbagi kenikmatan itu dengan orang lain dan menerima segala keputusan-Nya dengan ikhlas dan tawakal).

Untuk itu pula, dalam kondisi apapun, berkeinginan ataupun tidak, hendaknya jangan berhenti kita hanya berdoa kepada Allah SWT, termasuk ketika kita diingatkan kembali dengan hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus tahun ini.

Berikut doa yang mungkin berguna berkaitan dengan peringatan HUT RI ke-68:

doa hut RI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: