Yuk, Shalat Dhuha!

“Sudahkah sahabat sarapan terbaik yg bs membuat kita benar2 sehat? Sarapan #pagisehat pertama kita : BERSYUKUR”. Ini tweet Dr. Irzan Nurzaman tertanggal 18 Januari 2012 yang kemudian ditimpali tweet @afsaepudin “Yang belum #shalatdhuha, yuk shalat dulu”.

Indah memang tweet tersebut, lebih indah lagi jika kita melaksanakannya – melaksanakan shalat dhuha sebagai sarapan pagi, sekaligus rasa syukur kita kepada Allah SWT. Nikmat dan serasa nyaman selepas melaksanakannya.

Diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Dzar bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Pada tiap-tiap pagi lazimlah atas ruas seseorang kamu bersedekah. Maka setiap tasbih itu sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil itu sedekah, setiap amar makruf itu sedekah, setiap mencegah kemunkaran itu sedekah, dan cukuplah buat (pengganti) yang demikian itu mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.”

Dalam riwayat Bukhary disebutkan bahwa “Diwasiatkan kepadaku oleh Kekasihku (Nabi Muhammad) SAW untuk berpuasa tiga hari pada tiap-tiap bulan, mengerjakan dua rakaat shalat dhuha, dan mengerjakan shalat witir sebelum tidur.”

Apakah shalat dhuha?

Shalat dhuha adalah shalat yang dilakukan ketika waktu dhuha. Jumhur ulama mengatakan bahwa shalat dhuha adalah sunnah bahkan para ulama Maliki dan Syafi’i menyatakan bahwa ia adalah sunnah muakkadah berdasarkan hadits-hadits diatas. Ini berarti pula dibolehkan bagi seseorang untuk tidak mengerjakannya.

Adapun waktu duha adalah waktu ketika Matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (menurut Kalender Kementerian Agama RI sama dengan waktu shubuh ditambah 2 jam 10 menit) hingga menjelang waktu zuhur. Dari Zaid bin Arqam, bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Shalatnya orang-orang yang kembali kepada ALLAH adalah pada waktu anak-anak onta sudah bangun dari pembaringannya karena tersengat panasnya matahari.” (HR. Muslim).

Kalau begitu, “Yang belum #shalatdhuha, yuk #shalatdhuha dulu…!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: