Mengenal Ka’bah

Ka'bah Kiblatnya Ummat Islam

Berziarah ke Kakbah sungguh tidak membosankan. Kerinduan ke Baitullah itu berasa bukan hanya saat sudah pulang ke tanah air, Indonesia. Saat masih di Makkah, kalau balik dari Masjidil Haram ke pemondokan atau penginapan, ingin sekali segera ke Kakbah lagi.
Ingin selalu berlama-lama di Masjidil Haram, berdekatan dengan Kakbah. Bersimpuh dan memperbanyak dzikir, ibadah, dan amalan salih lainnya di Rumah Allah. Menuangkan segala isi hati. Mengadu kepada Allah dan meminta hanya kepada Dzat Maha Kuasa. Banyak tempat mustajab, dikabulkan doa. Apalagi di beberapa titik Kakbah. Di antaranya di Multazam.
Kakbah kembali direnovasi pada tahun 1417 H saat Raja Fahd ibnu Abdul Aziz. Kakbah mengutip tulisan Muhammad Ilyas Abdul Ghani, tingginya 14 meter, panjang dari arah Multazam 12,84 meter, panjang dari arah Hijir Aswad 11,28 meter, antara Rukun Yamani dan Hijir Ismail 12, 11, dan antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad 11, 52 meter. Hajar Aswad adalah batu yang tertanam di pojok selatan Kakbah pada ketinggian kurang lebih 1,10 meter dari tanah, dengan panjang 25 cm, dan lebarnya sekitar 17 cm. Awalnya merupakan satu bongkahan batu saja, tetapi sekarang berkeping-keping menjadi 8 gugusan batu kecil berkeping-keping, karena pernah pecah. Ini terjadi pada zaman Qaramithah.
Gugusan yang terbesar seukuran satu buah kurma dan tertanam di batu besar lain yang dikelilingi perak. Inilah batu yang dianjurkan untuk dicium dan menyalaminya. Rasulullah bersabda,” Hajar Aswad itu diturunkan dari surga, warnanya lebih putih daripada susu, dan dosa-dosa anak cucu Adamlah yang menjadikannya hitam.” (Jami` al Tirmidzi, Al Hajj, 877)
Di dekat Hajar Aswad ini selalu ada askar (tentara) yang menjaga. Sebba, di tempat ini banyak orang berdesak-desakan dan berebut untuk menciumnya. Yang beruntung bisa menciumnya, yang tidak beruntung sudah dekat tapi ke desak orang lain sehingga terpental dan tidak jadi mencium.
Sedangkan Multazam terletak antara Hajar Aswad dan pintu Kakbah, jaraknya sekitar 2 meter. Multazam tempat dikabulkannya doa dan disunnahkan berdoa sambil menempelkan pipi, dada, lengan, dan kedua telapak tangan.
Adapun Hijir Ismail (al Hathim) adalah bangunan yang terbuka yang membentuk setengah lingkaran. Pada mulanya, Hijir Ismail membentuk lingkaran utuh, tetapi saat renovasi zaman Quraisy, separo lingkarannya terpotong (al Hathim). Di situ pula Nabi Ibrahim AS menjadikannya sebagai rumah kecil dan batang-batang pepohonan yang berdahan lebat diperuntukkan bagi Ismail dan ibunya, Hajar.
Aisyah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang dinding (Hijir Ismail),” Apakah ia bagian dari Rumah Suci ini?” Nabi menjawab,” Betul.”Kemudian Aisyah bertanya lagi,”Mengapa mereka tidak memasukkan sekalian sisanya ke Kakbah?” Jawab Nabi,”Sebab kaummu kekurangan dana…” (Sahih al Bukhari, al Hajj, 1584). Ini menandakan, sebagian dari Hijir Ismail merupakan bagian dari Kakbah, kira-kira 3 meter, sedangkan sisanya bukan bagian dari Kakbah. Oleh karena itu, tidak sah tawaf seseorang, kecuali di belakang keseluruhan hijir tersebut.
Di Kakbah juga terdapat talang air. Tepatnya di bagian atas Kakbah, tepat di atas Hijir Ismail. Talang air ini dibuat untuk memperlancar peredaran air dari atap Kakbah ketika proses pencucian dan mengantisipasi genangan air akibat hujan. Kaum Quraisylah yang kali pertama membuatnya, bersamaan dibangunnya atap Kakbah, sebelum direnovasi kembali oleh Quraisy, Kakbah belum beratap. Menurut sebagian ulama salaf, doa di bawah talang air, mustajab. Talang ini dilapisi emas, sehingga sering disebut Talang Emas.
Sementara Rukun Yamani terletak sejajar dengan Hajar Aswad dan merupakan salah satu sudut Kakbah yang menghadap ke Yaman. Rukun ini berada di atas pondasi Kakbah yang pernah ditinggikan kembali oleh Nabi Ibrahim AS.
sumber: Di Balik Perjalanan Menuju Baitullah (16)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: