Batik Seragam Haji Mulai Tahun Depan

Jakarta (MCH) – Pada musim haji tahun depan, batik sebagai identitas nasional akan menjadi seragam jemaah haji Indonesia. Dengan demikian jemaah haji kita akan lebih dikenal oleh jemaah haji dari penjuru dunia.

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Slamet Riyanto mengemukakan hal itu pada prosesi serah terima hak cipta seragam batik haji Indonesia di kantor Kementerian Agama, Rabu (27/10). “Mudah-mudahan tahun depan (2011) sudah bisa dipakai jemaah haji kita,” kata Slamet.

Slamet mengungkapkan, pemilihan batik sebagai seragam haji merupakan gagasan Menteri Agama Suryadharma Ali. “Memang sejak mula Menteri Agama masuk ingin mencoba memperbaharui jemaah seragam haji supaya terlihat identitas nasional,” ujarnya.

Karena itu lanjut Slamet, Menag SDA bertekad batik sebagai seragam haji. Namun pada tahun 2010 belum bisa diwujudkan, karena masalah teknis belum siap, jelasnya.
Ketua Panitia Hj.Sri Ilham Lubis mengatakan, untuk mencari motik yang sesuai dengan jemaah haji Indonesia panitia mengadakan lomba design, diikuti 15 perusahaan dengan 32 design. Pada 12 Juni lalu diumumkan 10 finalis, dan akhirnya Ketua Dewan Juri Hj. Ratih Sanggarwati menetapkan CV Firdaus Batik sebagai pemenang utama.

“Pada 26 Oktober hasil rancangan pemenang lomba disetujui Menteri Agama,” kata Sri Ilham. Hak cipta diserahkan oleh pemenang lomba design seragam batik CV Firdaus Batik kepada Dirjen PHU, dan Ny Tatik Firdaus selaku pimpinan perusahaan menerima kompensasi hak cipta sebesar Rp 150 juta.

One Response to Batik Seragam Haji Mulai Tahun Depan

  1. Semoga pemerintah bisa memanfaatkan moment batik haji ini untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di tingkat dasar, dengan memberikan kesempatan kepada pengusaha batik lokal menengah untuk mengerjakannya. Bahkan akan lebih dahsyat lagi jika proyek batik haji ini dikerjakan oleh pengrajin batik di tiap-tiap kabupaten/kota. Karena sebagian besar kabupaten/kota di Indonesia pasti mempunyai pengrajin batik masing-masing dengan ciri khas masing-masing pula.
    Jika pengrajin batik diberikan kesempatan, peluang untuk penyerapan tenaga kerja akan jauh lebih besar dari pada proyek batik haji ini dikerjakan oleh pengusaha besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: