Pelunasan BPIH 2010 Diperpanjang

Sebanyak 202.565 orang dari 221 ribu calon jamaah haji Indonesia telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH), yang terdiri dari jemaah biasa 182.678 orang dan jemaah haji khusus 19.887 orang, kata Kasubdit Pendaftaran Jemaah Cepi Supriatna (30/8).

Angka 221 ribu calon jamaah haji tersebut setelah penambahan kuota haji Indonesia yang disetujui sebanyak 10 ribu orang. "Alhamdulillah ada penambahan sebanyak 10 ribu jamaah dari 211 ribu menjadi 221 ribu," kata Menag Surya Dharma Ali di Makasar (27/8). Ia mengatakan, tambahan kuota itu 6.500 di antaranya merupakan kuota untuk calon jamaah haji khusus dan sisanya untuk calon jamaah haji reguler. "Penambahan kuota tersebut dibagi proporsional ke seluruh provinsi," katanya.

Adapun batas akhir pelunasan BPIH yang sebelumnya oleh Kemenag diumumkan hingga 31 Agustus 2010, ternyata diperpanjang bagi calon jamaah haji (calhaj) reguler. "Masa pelunasan BPIH calhaj reguler diperpanjang, yaitu pada 1 hingga 6 September 2010, sekaligus pembayaran tambahan kuota haji reguler yang jumlahnya 3.500 orang," kata Sekretaris Ditjen Haji dan Umrah, Kementerian Haji, Abdul Ghafur Djawahir, kepada Republika (30/8).

Berkenaan dengan tambahan kuota, menurut Abdul Ghafur sudah dibagikan ke seluruh provinsi. Jumlahnya bervariasi sesuai dengan lamanya antrean calhaj yang ada di masing-masing provinsi. Menurutnya, provinsi yang antreannya mencapai 10 tahun, seperti Aceh, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan mendapatkan tambahan kuota masing-masing 200 kursi bagi calhaj. Sedangkan provinsi yang masa antrenya hingga enam tahun mendapatkan tambahan untuk 180 calhaj. Jumlah terendah adalah 80 calhaj. Jumlah tersebut diserahkan kepada provinsi yang antreannya pendek, yaitu dalam jangka waktu 2-3 tahun saja. Ini didasarkan pada peraturan yang ditetapkan menteri agama.

Abdul Ghafur juga mengungkapkan, ia melakukan persiapan mengenai jadwal pemberangkatan calhaj dari setiap embarkasi. Ini perlu dilakukan agar tak ada benturan jadwal dengan yang ditetapkan maskapai penerbangan. Misalnya, jangan sampai pemberangkatan berjalan ketika waktu shalat Jumat.

Selama dua hari itu, pelunasan berdasarkan nomor urut antrean atau disebut pula dengan istilah urut kacang. Jika dalam kurun waktu dua hari kuota tambahan belum habis, pemerintah memberlakukan sistem pelunasan dengan cara perebutan bebas. "Perebutan berlangsung pada 2-3 September mendatang," katanya.

Adapun kaitannya dengan rencana penggunaan seragam batik haji, Kasubdit Pendaftaran Jemaah Cepi mengatakan, untuk musim haji tahun 2010/1431 H, jemaah haji Indonesia tetap menggunakan seragam seperti tahun lalu, berwarna hijau
telur asin.

Sumber: http://www.informasihaji.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: