Perawatan Air Zamzam

Sumur Zamzam mempunyai riwayat yang tersendiri. Sejarahnya tidak dapat dipisahkan dengan isteri Nabi Ibrahim AS, yaitu Siti Hajar dan putranya Ismail AS. Sewaktu Ismail dan Ibunya hanya berdua dan kehabisan air untuk minum, maka Siti Hajar pergi ke Bukit Safa dan Bukit Marwah sebanyak 7 kali. Namun tidak berhasil menemukan air setetespun karena tempat ini hanya merupakan lembah pasir dan bukit-bukit yang tandus dan tidak ada air dan belum didiami manusia selain Siti Hajar dan Ismail.Akan tetapi ketika sampai di Marwah, tiba-tiba terdengar oleh Siti Hajar suara yang mengejutkan, lalu ia menuju ke arah suara itu. Alangkah terkejutnya, bahwa suara itu ialah suara air memancar dari dalam tanah dengan derasnya. Air itu adalah air Zamzam.

Bagaimana perawatan air Zamzam?

Pimpinan Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menyatakan pihaknya selalu memantau distribusi air Zamzam sejak dari mata airnya hinga ke pusat-pusat pengambilan. "Perawatan saluran air Zamzam selalu kita lakukan. Pemompaan air keluar dari sumur dimonitor secara teratur," kata juru bicara lembaga itu yang dikutip harian Arab News edisi Kamis, 5 Agustus kemarin.

Dia menambahkan, sampel acak yang selalu diambil dari sumur diperiksa untuk memastikan bahwa air itu layak untuk dikonsumsi manusia. "Kami juga mengambil sampel dari beberapa tempat penampungan," katanya.

Karena itu ia meminta agar jemaah yang menyimpan air Zamzam memastikan bahwa air Zamzam yang disimpan itu higienis disimpan. Jemaah tidak membiarkan air Zamzam terkena panas matahari.

Air Zamzam yang sumurnya berusia ribuan tahun itu dipompa ke berbagai saluran air melalui pipastainless steel serta disterilkan melalui teknologi ultraviolet. Baru setelah itu dialirkan ke stasiun pendinginan sebelum didistribusikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: