Kata Gusdur, Gitu Aja Koq Repot


"Gitu Aja Koq Repot!" Kalimat ini sering kita dengar, bahkan mungkin pernah mengungkapkannya, baik jadi guyonan maupun dengan maksud yang sesungguhnya. Sepintas memang seperti guyonan, cemoohan, atau lainnya.

Tentunya tidak pernah terlintas dalam benak kita, apa gerangan yang membawa pikiran Gusdur pada kalimat itu. Kata sebagian orang, ucapan-ucapannya memang sulit ditebak, bahkan kata cak Kholil (kalau tidak salah ini namanya) ketika diwawancarai di ANTV sehari setelah kepergian Gusdur, makna ucapannya bisa lama dimengerti, bahkan bisa jadi 1 atau 5 tahun ke depan.

Dalam rutinan dzikir jumat selepas asar, pa ustadz mengajak jamaahnya untuk merenungkan ayat al-Quran "Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu, dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu." (Q.S. 47:31).

Dengan ayat ini ia mengingatkan bahwa Allah akan menguji hamba-Nya yang dalam ayat lain (Q.S. 2:155) disebutkan "dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan." Namun begitu, ujian bisa berupa sebaliknya, seperti dicontohkan Nabi Sulaiman a.s. (Q.S. 27:40) ketika mendapatkan keajaiban dan kemenangan dirinya menghadapi ifrit, ia mengatakan, "ini kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah bersyukur atau kufur."

Jadi ujian dapat berupa kesenangan, kesusahan, sehat, sakit, kaya dan miskin supaya diketahui dan terbukti siapakah yang tetap ber-Tuhan kepada Allah dalam segala keadaanya, siapa pejuang dan sabar, dan siapa yang lancung, maka siapa yang sabar diberi pahala dan yang patah semangat dan syirik disiksa.

Kalau begitu, menghadapi tahun baru 1431H atau 2010M, apapun yang kita hadapi kita tetap semangat untuk bangkit, bukan luntur gara-gara kebijakan pemerintah (kalau ada) dan musibah yang bertubi-tubi. Apapun yang terjadi semua dari Allah. Hadapilah. "Gitu Aja Koq Repot!"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: