Sosialisasi Pemilu

Semenjak ditunjuk jadi anggota KPPS, bingung aku untuk sosialisasi pemilu. Sebab, KPPS sudah barang tentu memiliki tanggung jawab yang lebih untuk mensosialisasikan pentingnya Pemilu untuk masa depan bangsa dan negara. Tapi, ya itu, jika seseorang sudah terbelenggu oleh image golput, apa yang harus diangkat untuk mengubah image mereka. Di sisi lain, bagaimana mengarahkan para pemilih untuk menentukan pilihan yang tepat tanpa mengarahkan mereka kepada salah satu parpol.

Alhamdulillah, ketemu jawabannya dari khutbah Jumat kemarin. Sang khatib awalnya mengajak jamaah untuk bersama-sama mengaplikasikan perintah dzikrullah sesuai perintah Allah dalam al-Quran surat al-Ahzab (S. 33:41). Dengan memperbanyak berdzikir, katanya, bukan hanya akan terampuni dosa kita, tapi juga menghadirkan hati yang selalu dekat dengan sang Pencipta. Nabi Muhammad SAW bahkan menyatakan bahwa dzikrullah itu obat yang utama untuk menentramkan hati.

Di khutbah kedua, khatib menekankan pentingnya memulai segala sesuatu yang baik dengan ucapan basmalah. Alkisah, seorang wanita yang tidak pernah luput dari memulai pekerjaan dan kegiatan sehari-harinya dengan basmalah ternyata bisa luput dari kejahatan suaminya yang akan menjerumuskannya. Dari khutbah kedua inilah muncul asumsi khotib bahwa dengan basmalah maka tidak ada alasan lain untuk tidak mensukseskan pemilu.

Setuju deh, dengan senantiasa mengawali kegiatan dan atau pekerjaan apapun dengan baca basmalah, tentu sama artinya kita menyadari bahwa segala sesuatu tidak lepas dari izin dan ridlo Allah. Jika basmalah mengawali segala-segalanya berarti segala putusan, kebijakan, tindakan, dan apapun dari kita digantungkan pada Allah untuk terarah pada yang haq. Insya Allah. Sebelum kita memberi tanda ceklis pada salah satu caleg atau parpol terlebih dahulu baca basmalah, insya Allah haq, paling tidak kita dapat ampunan Allah seandainya salah memilih.

Makasih pak khatib yang telah membantu sosialisasi pemilu.

One Response to Sosialisasi Pemilu

  1. dir88gun says:

    assalamu alaikum wr. wb.

    Permisi, saya mau numpang posting (^_^)

    http://ulamasunnah.wordpress.com/2008/06/03/menggugat-demokrasi-daftar-isi/
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/03/24/hukum-pemilu-legislatif-dan-presiden/

    sudah saatnya kita ganti sistem, semoga link di atas bisa menjadi salah satu rujukan…

    Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.
    Mohon maaf kalau ada perkataan yang kurang berkenan. (-_-)

    wassalamu alaikum wr. wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: