Bulan Dzulqaidah dan Keberangkatan Haji Jawa Barat

Kita sekarang berada pada bulan dzulqaidah bulan kesebelas dari bulan qamariyah, satu dari empat bulan yang disebut dengan bulan haram, selain bulan zulhijjah, muharram dan rajab. Disebut dzulqaidah karena mereka:

يَقْعُدُوْنَ فِيْهِ عَنِ اْلأَسْفَارِ وَالْقِتَالُ اِسْتِعْدَادًا لإِحْرَامٍ بِالْحَجِّ.

“Mereka duduk (tinggal dirumah) tidak melakukan perjalanan maupun peperangan sebagai persiapan untuk melakukan ihram haji”.

Pada bulan ini kita saksikan bersama persiapan dan pemberangkatan para jemaah calon haji. Kita rasakan bersama betapa kebahagiaan telah menghiasi wajah mereka dan sejuta harapan telah tertanam dalam di lubuk hati mereka, manakala saudara-saudara kita tadi meninggalkan kampung halamannya terbang menuju kiblat umat Islam sedunia, memenuhi panggilan Allah SWT.

Perlu diketahui, bahwa keberangkatan jamaah calon haji jawa barat dari bandara Sukarno Hatta pukul 06.20 tanggal 5 Nopember 2008, dimulai oleh kloter 1, yakni jamaah calon haji dari Ciamis, disusul oleh kloter lainnya. Alhamdulillah, saya sendiri termasuk di dalamnya, insya Allah masuk kloter 41 embarkasi JKS dan terbang dari bandara pada pukul 06.20 tanggal 18 Nopember 2008.

Saya mewakili jamaah calon haji jawa barat khususnya memohon keridloan hadirin untuk dapat memaafkan segala salah dan khilaf kami, mohon pamit akan meninggalkan tanah air tercinta ini, serta mohon doa restu agar mendapat ridlo Allah SWT dan mendapatkan tujuan utama kami, diampuni segala dosa dan menjadi haji makbul serta mabrur. Di samping itu, bisa kembali ke tanah air dengan selamat.

Digg! lintas beritakan submit to infogue Add to Technorati Favorites

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: