Pelunasan bpih (onh)

Ketika sosialisasi pertama penyelenggaraan ibadah haji, diinformasikan bahwa biaya perjalanan ibadah haji (bpih) atau dulunya ONH diharapkan telah lunas akhir bulan mei 2008. Bahkan di kedaulatan rakyat online diberitakan untuk daerah jawa timur (kalau tidak salah), pelunasan bpih bulan mei dengan waktu tenggang minggu pertama bulan juni, sehingga keterlambatan pelunasan pada saat itu akan mengakibatkan calon jamaah haji batal berangkat.

Mengingat kunci pelunasan bpih adalah kepres dan sampai akhir juni ini belum turun juga, maka belum dapat dipastikan kapan dan berapa bpih harus dilunasi. Bagi para calon jamaah haji Indonesia, hal ini tentunya tak menjadi masalah. Sebab, yang pertama dan utama mereka telah bulat niat akan melaksanakan rukun Islam kelima, yakni ibadah haji. Dan yang pasti, mereka telah memiliki nomor porsi, bahkan di antaranya tidak sedikit yang telah titip uang pelusan melalui tabungan haji di bank2 resmi yang ditunjuk.

Seperti registrasi nomor porsi, pelunasan bpih dilakukan di bank terkait. Adapun persyaratan pelunasan bpih (supaya tidak bolak-balik maksudnya), yaitu:

  1. buku tabungan haji
  2. bukti setoran pertama bpih (nomor porsi)
  3. pas photo 3×4 sebanyak 5 lembar (sesuai photo pada nomor porsi)
  4. materai senilai Rp6000,- sebanyak 2 lembar
  5. photo copy ktp 3 lembar

Selepas melakukan pelunasan bpih, langsung ke urusan haji kandepag masing-masing.

Ini mengemuka pada pertemuan pertama bimbingan haji di kbih kec. maja kab. majalengka hari minggu 29 Juni 2008. Pada pertemuan itu pula diinformasikan bahwa di luar bpih, ada biaya tambahan meliputi biaya untuk kbih sebesar Rp400.000,- sesuai kesepakatan seluruh kbih kecamatan se-kabupaten majelengka dan biaya operasional Kandepag sebesar Rp535.000,-. Biaya untuk kbih itu sendiri mencakup koordinasi kandepag sebesar Rp20.000,- untuk iphi (pembuatan kartu anggota) sebesar Rp10.000,- untuk forum kbih kabupaten majalengka sebesar Rp10.000,- dan biaya bimbingan oleh kbih Rp360.000,-. Adapun biaya operasional kandepag mencakup biaya pelepasan jamaah di kabupaten sebesar Rp24.000,- keperluan identitas jamaah Rp89.000,- biaya pemberangkatan Rp176.000,- biaya pemulangan Rp160.000,- biaya tasyakur Rp30.000,- dan biaya adm, transportasi dan koordinasi Rp56.000,-. Dan disamping itu masih ada biaya untuk kesehatan sebesar Rp80.000,- dan infaq pembangunan Islamic Center Rp100.000,-. Dengan demikian, total biaya tambahan yang harus disiapkan bagi calon jamaah haji kabupaten majalengka di luar bpih sebesar Rp1.115.000,-

Menurut peserta yang sempat berbicara di pertemuan itu mengatakan, berapa pun biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh calon jamaah haji termasuk bpih yang diperkirakan naik US$500 dari tahun-tahun sebelumnya, insya Allah siap dipenuhi selama peruntukannya jelas dan benar. “Kami ini sudah ikhlas mau melaksanakan ibadah haji, sehingga kami siap menanggung resiko biaya dan perjalanan. Hanya saja, perlu dipertimbangkan pemakaian istilah peruntukan biaya dan lain-lain, sehingga tidak tertukar antara wajib, sunah, dan mubah, seperti penetapan angka untuk infaq yang cenderung kurang tepat” katanya.

Semoga perjalanan ibadah haji tahun ini lancar dan sekembalinya ke tanah air nanti menjadi haji mabrur dan mabruroh. Amin

One Response to Pelunasan bpih (onh)

  1. Pingback: Hari ini mulai pelunasan bpih « mamabojong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: