M3 ataukah Indosat atau Saya

Ketika sebuah kartu hilang atau hangus, saya berpikir akan hilang dan hangus atau tidak terpakai lagi. Terlebih, suatu waktu pernah membeli kartu As di sebuah counter yang hanya melayani penjualan pulsa Telkomsel, pelayannya mengatakan, “Ini nomor bagus, nomor lama yang sempat gagal tapi sekarang bisa aktif”. Asumsi saya, nomor yang kemudian saya beli betul-betul nomor baru yang belum pernah dipakai.

Ceritanya kemarin lusa, temanku pemilik Radesa iseng nelpon saya via nomor M3 yang sudah beberapa bulan dinyatakan hilang. Walaupun kartu itu benar-benar berarti bagi saya, tapi tidak ada niatan mengaktifkannya lagi via Indosat dengan alasan akan hangus dan takkan terpakai lagi, sehingga saya beli nomor M3 baru. Ternyata, nomor hp yang dituju aktif bahkan sempat ngobrol walaupun dia keheranan dengan suara dan nada suaraku yang berbeda.

Sebagai soulmate (kayak di Indosiar yach), ketika kemudian bertemu saya, dia pun menceritakan kejadian itu dan saya pun mencoba menghubunginya. Benar-benar nyambung. Saya pun bingung, mau memintanya khawatir yang mpunya kartu tersinggung (ntar dia beranggapan saya nuduh dia nyuri hp saya, padahal kartu itu doang yang hilang – maklum punya dua kartu tapi hp-nya satu).

Kalau nomor itu ada dan aktif, jelas saya berkepentingan dengan nomor itu. Ini siapa yang salah? M3-kah? Indosat-kah? Ataukah saya yang ceroboh? Yang pasti saya betul-betul ceroboh? Hanya saja, selama ini saya beranggapan tidak mungkin dia menemukan kartu saya lantas memakainya, sebab pulsanya hanya seratusan perak (sisa internetan) dan dibandingkan beli pulsa akan lebih murah beli perdana.

Setelah sebelumnya saya mengomentari M3 di blogspotnya Anangku berkaitan dengan ketersinggungan saya terhadap iklannya yang Rp0,000000…1, saat ini (jika betul perbuatan M3 atau Indosat) saya betul-betul tersinggung pula. Permasalahannya, nomor seseorang aktif atau pun tidak aktif akan terkait dengan security dan privasi.

Tapi, ini adalah kecerobohan user, yakni saya. Maka, janganlah tergiur dengan iklan dan kemudian gonta-ganti kartu. Pastikan beli nomor hp setelah yakin nomor dan provider itu yang terbaik untuk kita, dan peliharalah nomor itu seakan-akan telah menyatu dengan diri kita. Bagi para provider, pastikan registrasi kartu sebagai keamanan dan kenyamanan pemakai serta berlakukan arsif registrasi itu seperti halnya pengarsipan administrasi, yakni 25 atau 30 tahun.

2 Responses to M3 ataukah Indosat atau Saya

  1. Muditayasa says:

    memang benar kalau nomer hilang, teruz bisa dipakai lagi dengan indosat, saya juga punya pengalaman dengan anda, hp saya hilang dengan nomernya, padahal nomer itu pertama kalinya yang memakai nomer depan 0857, saya sangat menyesal, ketika itu saya pun memakai kartu simpati, dengan pelayanan yang sangat memuasakan dibandingkan im3

  2. beben says:

    Setuju sekali, m3 memang payah… tiap isi pulsa tidak lagi diakumulasi masa aktifnya, sampai kelupaan ngisi dan akhirnya hangus… hal ini jg menimpa saya… tadinya sih m3 saya udah jarang dipakai, saya pny 3 HP, m3, simpati, dan Xplore, ketiganya aktif semua. tapi saya lebih mengandalkan xplore untuk bisnis, dan simpati untuk sarana hiburan… sedangkan yg m3, jarang kubawa, gak ada yg bisa diandalkan sih, jaringannya aja udah lelet. tadinya mau kubuang tp sayang aja nomornya bagus… tp akhirnya hangus juga gara2 kelupaan ngisi…
    kalau itu nomor ntar dipakai orang laen, saya kasian deh sama org yg memakainya, soalnya nomor itu sering kupakai buat ngerjain orang, buat maki2 orang, dan buat menteror orang.. saya sangat setuju dgn kata2 anda bahwa nomor adalah privasi dan pribadi seseorang, jadi tidak selayaknya untuk dipindahtangankan (walaupun ada unsur kecerobohan user), kasian konsumen laen yg tidak tahu apa2 tapi kena dampak dari perbuatan orang yg memakai nomor itu sebelumnya… sekali lagi, M3 MEMANG PAYAH!!!!!

Leave a Reply

