birokrat dan internet

menjelang jumatan ketemu bloger, pemilik endynews. dasar bloger, mau jumatan pun nyempetin bicara blog padahal baru datang dan belum nyampe rumah, tp sih lebih seru kang budi yg sampai ngganjal matanya dg blog saat khutbah biar gak ngantuk.

ceritanya pagi tadi dia muatin kepastian pasangan don murdono dan taufik gunawansyah sbg bupati dan wabup terpilih kab. sumedang jabar periode 2008-2013, termasuk identitas kedua pasangan dan visi misi mereka yg bakal ditagih masyarakat.
Dia bilang, para calon pemangku sumedang itu ngasih komentar, tp via sms, kebetulan kedua kandidat itu kenal si bloger.
Aku bilang pasti gitu, lebih gentle, wong kalo tahu no hp masih di dunia maha maya, apa kata dunia.

dari obrolan singkat itu, aku berpikir gimana jika para birokrat masing2 punya blog, di-murni-in buku harian aja, sepertinya masyarakat bisa lebih dekat, lebih kenal. ke sananya tak kenal maka tak sayang. dari blog itu juga, jika akhirnya sudah jadi santapan orang banyak, bisa jadi akan berbuah ide, kreasi, bahkan inovasi. paling tidak ada suara2 rakyat yg betul2 suara mereka, sebab suara wakil rakyat kadang merupakan hasil pooling dan prioritas kalau tidak dikatakan suara partai.

selama ini tidak sedikit pemda yg pasang portal website. tapi apakah itu nyampe pada pemegang kebijakan?
ada pula yg manfaatin sms. termasuk pa haji yg terpilih kedua kalinya ini pun buka suara rakyat via sms, bahkan media cetak. menurutku ini cenderung menonjolkan prioritas juga. dan parahnya, arsifnya susah dicari, walaupun memang website pun bisa kena cekal hingga tak bisa dibaca atau servernya bangkrut.

paling tidak, ini pencerahan ke pemanfaatan IT secara positif dan tanpa mblokir situs2 yg tidak bertanggung jawab. seperti kasusnya dewi persik, kalau 99 persen umat islam saja tidak nonton acara panggungnya, dia akan berubah sendiri. begitu kan kata gusdur saat menanggapi inul. yg harus muhasabah itu kita, lihat saja siapa yg menaikkan rating acara porno aksi di tv.

kembali ke birokrat dan internet. jadinya gimana ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: