Perkemahan Santri Nusantara 2009

"Santri pun berkemah." Begitu yang terlontar dari mulut sebagian warga Sumedang. Pasalnya pada tanggal 15-20 Juni 2009 ini akan berlangsung Perkemahan Santri Nusantara 2009 yang bertempat di Bumi Perkemahan Letjen Purn. H. Mashudi atau lebih dikenal dengan Bumi Perkemahan Kiara Payung Jatinangor Sumedang Jawa Barat.

Ungkapan di atas seharusnya tidak perlu muncul. Sebab pada jaman penjajahan dulu pernah ada gerakan kepanduan berbasis santri, yakni Hizbul Wathon (HW) yang didirikan di Yogyakarta pada 1918 M atas prakarsa KH. Ahmad Dahlan. Hanya saja, kemudian HW meleburkan diri ke dalam Gerakan Pramuka pada saat pendeklarasiannya tahun 1961. Terlebih lagi, even nasional yang merupakan kerja sama Departemen Agama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka ini adalah Perkemahan Santri Nusantara II. Even sebelumnya telah dilaksanakan pada 11-14 September 2006 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

Maka, adanya Perkemahan Santri Nusantara 2009 yang akan melibatkan 5293 santri dari seluruh Indonesia, ini merupakan langkah positif untuk menambah wawasan kepanduan bagi tiap santri di pesantren. Di samping itu dapat diharapkan bisa meluruskan kegiatan perkemahan yang kadangkala bagi sebagian peserta suka melalaikan shalat, walaupun kegiatan ibadah tidak pernah lepas dari kegiatan perkemahan.

Tema perkemahan ini adalah Pramuka Santri Indonesia bertekad untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka Bhineka Tunggal Ika. Adapun mottonya yaitu Satyaku kudharmakan, dharmaku kubaktikan.

Tema dan motto tersebut mengindikasikan bahwa Perkemahan Santri Nusantara berorientasi menghasilkan kaum santri yang tinggi semangat kebangsaannya, kokoh ikatan persatuan dan kesatuan indonesianya, serta tidak tergoyahkan tekad bela negaranya. Hal ini sejalan pula dengan revitalisasi gerakan pramuka yang dicanangkan presiden RI pada 14 Agustus 2006.

Itulah sebabnya pula, tidak hanya pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan pada kegiatan perkemahan ini. Kegiatan-kegiatan yang diagendakannya meliputi: pengenalan ilmu dan teknologi, pengenalan ilmu kesakaan, uji petualangan, teknik kepramukaan, dan pembekalan keterampilan.

"Selamat Berkemah Santri Nusantara."

6 Responses to Perkemahan Santri Nusantara 2009

  1. Investasi says:

    kegiatan yang sangat ok dan wajib di ikuti untuk membentuk kepribadian dan mental yang kuat, selamat berkemah

  2. kiki says:

    askoem saya anggota pramuka dari kota bandung saya sangat bangga pada indonesia khususnya kota sumedang yang dengan begitu hebat dan meriahnya bisa melaksanakan perkemahan bwt santri ……………………saya mau poto2 nya dong bisa ga low bisa kirim ke email aku ……………..
    thanks…………

  3. Nur anisah says:

    SNeNk dEch dPat kSemPtAn IkUt ‘perkasa 2009′, slain bz m’pluas wa2san jga bza mNaMbAh pNgaLaMaN, TeMaN dN m’pererat silaturrahmi

  4. arnold says:

    Hai, Salam Kenal
    sekedar membagi Informasi tentang penyewaan tenda dan alat-alat camping, pembuatan dan penjualan tenda,
    Berkemah, Camping, kemping, Even, Wisata Alam, Mabim, Outbound Training, Tenda Dome, Tenda Sarnafil atau Tenda Kerucut;
    silakan hubungi kami di http://www.tendaku.net atau http://www.mrcamp.net
    email : tendakubandung@yahoo.com
    thx..

  5. andi says:

    aku aku juga seneng deh berkemah sama teman – teman , dan bisa kenal sama temen baru
    seneng deh pokonamah …. asik g

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 65 other followers

%d bloggers like this: